Cara Bermain Violin Baik Dan Benar Untuk Pemula

Tak banyak orang yang mengetahui cara bermain violin sehingga mereka berburu informasi di internet untuk mengetahui caranya. Violin atau biola adalah salah satu alat musik yang memiliki suara yang indah sekali walaupun tanpa ada iringan alat musik yang lain. Sehingga ia bia dimainkan secara tunggal oleh satu orang pemain saja. Namun bagi anda yang masih pemula ada baiknya juga mengetahui bagian-bagian dari biola dan cara memegangnya yang benar agar bisa nyaman pada saat memainkannya.


Biola atau violin sendiri ada 2 bagian utama. Yakni biola itu sendiri dan busurnya (bow). Dimana untuk biolanya sendiri ada bagian kepala biola yang terdiri dari pasak dan kotak pasak, yang mana pasak ini digunakan untuk menyetel nada pada biola. Kemudian ada senar atau dawai yang mana senar ini berfungsi menciptakan nada pada biola, nada dasar yang ada pada biola adalah G – D – E-A. Dan pada bagian biola juga terdapat papan jari yang digunakan untum jari kita menemukan nada pada biola. Ada juga bagian ekor senar terdapat steam kecil yang gunanya juga sama seperti pasak yang mana fungsinya tidak sebesar pasak dalam menyetel senar. Ada juga bagian penompang dagu yang membuat nyaman pada saat anda meletakkan biola diantara dagu dan pundak anda. kemudian untuk busurnya ada beberapa bagian yakni frog, skrup, penompang jari, line atau rambut busur. Skrup bisa berfungsi sebagai pengatur line agar bisa lebih longgar atau lebih kaku. Sedangkan frog adalah penahan yang juga fungsinya meletakkan jari tengah dan jari manis anda. sehingga bisa lebih nyaman ketika memegang busur.

Ketika anda usdah mengetahui cara memegang biola dan busur yang benar, anda usdah bisa memainkan biola dengan mempelajari chord dasar dari biola. Atau mungkin anda bisa belajar terlebih dahulu cara menggesek busur pada biola sehingga menghasilkan nada yang diinginkan. Jika anda bosen bermain biola, anda bisa bermain poker online untuk menemukan keseruan yang lain agar tidak jenuh saat anda harus mempelajari violin.